Kamis, 27 Desember 2012

[Media_Nusantara] Dugaan korupsi PT Petrogas Jatim Utama makin tdk jelas

 

Dugaan korupsi PT Petrogas Jatim Utama makin tdk jelas

Bagaimana update akhir kasus Dugaan Korupsi PT Petrogas Jatim Utama, BUMD Jatim?. Tgl 9 Agt 2012 lalu,PT PJU bikin perjanjian kembalikan dana dgn pihak PT GHI (Suryanto),PT Dibies Energindo (Daniel W) & Openblue co, Ltd.

Openblue Co, Ltd hrs cicil 11 kali kewajiban Rp 22 milyar. Janji cicil mulai Sept,gagal. Sampai saat ini blm cicil. Janji awal Jan 2012. Pihak Daniel hrs serahkan jaminan berupa rumah&tanah. Sdh diserahkan tapi sulit untuk dieksekusi. Krn hanya pengadilan yang bs eksekusi. Pihak Suryanto hrs cabut laporannya atas Daniel ke Fismondev Rekskrimsus Polda Metro Jaya. Hal ini sulit terealisir. Status Daniel tersangka, terjerat Ps 372, 378 dan UU Cuci Uang. Namun blm ditahan. Ada upaya suap unt SP3-kan kasus ini. Suryanto minta uang Daniel Rp 150 jt unt petugas. namun petugas gamang. Terkait UU TPPU yg dipersangkakan yg merupakan delik umum. Atau hanya ulah Suryanto unt tarik duit dr Daniel.

Terkait dana Rp 10 M yang masih ada di Suryanto, tanggal 20 Des 2012 lalu telah diadakan rapat antara pihak PT PJU dan PT GHI/Suryanto. Berdsrkan Notulen Rapat, Rapat diadakan tgl 20 Des 2012, jam 15.30 di kantor PT PJU, Intiland Tower Jl. Panglima Sudirman Surabaya. Hadir Pihak PT PJU : Sutjahjono S (Komut), Abdul Muid (Dirut), Asfuri (GM Adm&HRD), Wahyudi (GM Finance&Investmen), Anton IP (Adm&LSI), DR. Ismu Gunadi W, SH (Legal Corporate) & Wahyu T. Haryadi, SH, MH (Legal Corporate). Sementara dr pihak PT GHI dihadiri oleh Suryanto. Agenda Rapat : Tindak Lanjut Pengembalian Dana dari PT Gatehope Indonesia/GHI ke PT PJU. Dirut PT PJU : PT GHI mempunyai upaya untuk mengembalikan dana kepada PT PJU sebesar Rp 10 milyar. Belum termasuk bunga bank yang akan dihitung kemudian. Dirut PT GHI :Mitra PT GHI punya aset tanah SHM di Kerawang Jabar.Luas 23 ha dekat kawasan industri. Taksiran harga sekitar Rp 80 M. Tanah ini akan dikerjasamakan dgn PT GHI. Dijadikan angunan di bank buat usaha batubara. Bila berhasil peroleh dana dr Bank, sebagian kredit akan diberikan kpd PT PJU.Berhrp kpd PT PJU unt bantu ajukan kredit ke @bank_jatim. Dirut PT PJU : Memberi saran kepada PT GHI untuk segera berkonsultasi dengan @bank_jatim. PT PJU akan memberikan dukungan maksimal dalam proses pengajuan kredit PT GHI kepada Bank Jatim. Mengingat PT PJU mitra @bank_jatim.. PT GHI agar segera menindak lanjuti masalah ini dan segera melaksanakan kewajibannya. PT PJU juga ingatkan bahwa dana yang digunakan PT GHI adalah dana milik pemerintah.

Rupanya ada skenario untuk coba bobol @bank_jatim untuk kembalikan dana PT PJU. Andaikan Bank Jatim setuju kucurkan dana, Suryanto tdk mungkin bisa melunasinya. Dan pihak PJU tahu benar situasi ini. PT GHI sendiri memang tinggal nama. Tidak punya kantor dan pegawai. Utangnya dimana-mana. Ulah nakal Suryanto tidak hanya dilakukan thd PT PJU saja. Suryanto jg tlh rugikan pihak2 lain dgn modus yg sama yaitu dagang batubara. Ada yg alami kerugian ratusan juta & bahkan milyaran rupiah. Para pihak ini sedang berkonsolidasi untuk melaporkan kepada yg berwajib. Salah satunya adalah Sdr. Sarbijanto Netanya Rohimons, Komisaris PT GHI dan PT Dibies Energindo (milik Daniel Widjaja). Sarbijanto juga telah ditipu oleh Suryanto sebesar Rp 125 juta. Sementara sbg Komisaris GHI,ia tdk pernah tau ulah Suryanto bobol PT PJU

PT PJU memang serba sulit. Diduga Dirut, para komisaris dan staf PJU terima uang dr Suryanto. Laporkan kasus ini kpd pihak yg berwajib hanya akan jadi bumerang. Shg PJU hanya bisa menghimbau para pihak unt kembalikan dana PJU. Kasus ini telah dilaporkan ke @KPK_RI 3 bln lalu . Namun KPK terkesan lambat dan tdk ada progress.. Bila KPK tdk bertindak, maka para pihak terkait kasus ini akan melenggang dgn uang rakyat. Eunak tenan!

Berharap dgn Komisi C DPRD Jatim juga sama saja. Diduga ada suap yang dilakukan pihak PJU ke komisi itu. Demikian pula pihak @BPK_RI juga sdh dilapori. Kesannya tenang2. Pdhal kasus di PJU blm ini saja. Sementara perlu diwaspadai upaya bobol @bank_jatim. Hanya ke twitland aja kita berhrp. Semoga aparat mendengar&tindak lanjuti. Ini contoh, begitu mudahnya bobol dana BUMD. Modal nekad sedikit, jadilah. Akankah mereka melenggang begitu saja?

Semoga kasus ini dpt dibongkar @KPK_RI dan @bpkri. Shg tdk jatuh korban lagi. Sekian. Selamat tahun baru. Berhrp Indonesia yg lbh baik. Merdeka!!!

baca juga :

Perkembangan Dugaan Kasus Korupsi Di PT. Petrogas Jatim Utama ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2012/12/medianusantara-perkembangan-dugaan.html

- "DUGAAN KASUS KORUPSI DI PT. PETROGAS JATIM UTAMA BUMD PEMPROV JATIM" ==> http://chirpstory.com/li/13309

- "Perkembangan Dugaan Kasus Korupsi Di PT. Petrogas Jatim Utama" ==> http://jaringanantikorupsi.blogspot.com/2012/09/medianusantara-perkembangan-dugaan.html

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar