Senin, 06 Oktober 2014

[Media_Nusantara] Inilah 15 Kasus yang melibatkan Setya Novanto

 

Inilah 15 Kasus yang melibatkan Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto selama ini dikenal sebagai laksana belut, licin, bahkan hampir tak bisa ditangkap. Tetapi kini semua pihak yakin, Setya Novanto akan segera bisa dibuktikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sehingga akan segera duduk di kursi terdakwa.

Inilah 15 kasus yang melibatkan Setya Novanto, baru sebagian saja yang dapat diendus KPK:

Korupsi Bail Out Bank Century Rp 6,7 triliun. Waktu itu, Bambang Widjajanto adalah pengacara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ketika dana haram itu dikucurkan ke Bank Century.

Korupsi pajak 3 Perusahan Bakrie yang menyuap Gayus Tambunan US$ 3,5 juta. Ada yang melindungi supaya jangan menyeret Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dan Nirwan Dewanto Bakrie.

Korupsi Pengadaan Baju Hansip Rp 361 miliar oleh Setya Novanto.

Korupsi anggaran PON dengan dugaan suap 10 miliar ke Agung laksono dan Setya Novanto.

Korupsi Banggar DPR yang salah satunya melibatkan ketua Banggar Melcias Markus Mekeng dari F Golkar.

Korupsi Alex Nurdin, 13 kasus ketika jadi Bupati Muba dan 4 kasus sewaktu jadi Gubernur Sumsel.

Korupsi R Prijono dan Setya Novanto di Blok Cepu Lapangan Gas Banyu Biru, US$ 3 miliar (Rp 35 triliun) pada mark up cost recovery Exxon.

Dugaan korupsi Setya Novanto pada e-KTP sebesar Rp 2,5 triliun di Kemendagri yang sejak 2011 sudah diusut KPK.

Korupsi Setya Novanto dan Priyo Budi Santoso di pengadaan Al Quran hanya menyeret Zulkarnaen Djabar dan politisi rendahan.

10.  Pada sengketa pilkada Sumsel& Banyuasin di Mahkamah Konstitusi (MK), Idrus Marham dan Setya Novanto diduga menerima suap masing-masing Rp 10 miliar tetapi kasusnya dilenyapkan oleh orang tertentu.

11.  Pada korupsi di  Trans Pacific Petro Chemical Indotama (TPPI) sebesar US$ 203 dan US$ 600 juta melibatkan R Prijono dan Setya Novanto cs.

12.  Pada tahun 1999, Setya Novanto pun disebut-sebut bersama Djoko S Tjandra, terlibat dalam pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali. Kasus ini meletup setelah Bank Bali mentransfer dana Rp 500 miliar lebih kepada PT Era Giat Prima, milik Setya, Djoko, dan Cahyadi Kumala. Tapi, hingga kini, kasus tersebut tak jelas ujungnya, hanya Djoko S Tjandra yang diadili dan hingga kini masih buron.

13.  Pada 2010, nama Setya tersangkut kasus penyelundupan beras dari Vietnam sebanyak 60 ribu ton.

14.  Setya Novanto juga disebut terlibat penyelundupan limbah beracun (B3) di Batam pada 2006.

15.  Setya Novanto dituding sebagai otak di balik korupsi cost recovery dengan modus mark up EPC (equipment procurement contruction)  pada Blok Migas Kangean, Lapangan Terang,  Sirasun, Batur, senilai US$ 1,04 miliar atau Rp 12 triliun.  

__._,_.___

Posted by: Al Faqir Ilmi <alfaqirilmi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar