Senin, 12 Maret 2012

[Media_Nusantara] [SatuDunia] (e-book) Karena Kita Adalah Warga Negara, Bukan Sekedar Konsumen

 

[SatuDunia] (e-book) Karena Kita Adalah Warga Negara, Bukan Sekedar Konsumen

 

Berkomunikasi dan memperoleh informasi adalah hak warga negara. Telematika adalah salah satu alatnya. Bagaimana jika kemudian persoalan telematika sepenuhnya diserahkan ke mekanisme pasar bebas?

 

***

 

Di  era konvergensi  media,  dominasi  informasi  dan pengetahuan di   ruang publik menjadi  sangat  mungkin  terjadi. Di dalam praktek bermedia, Konvergensi  media merupakan logika teknologi  yang bisa di ter jemahkan dalam  logika ekonomi sebagai Konglomerasi media. Konglomerasi  media akan semakin membuat  kecendrungan media menjadi  semakin  tidak independen. Isu tentang kepemilikan media menjadi  penting untuk dicermati, karena seorang konglomerat media bisa memiliki  stasiun  televisi, media massa, portal  berita. Mereka juga menyebarkan  informasi  dan pengetahuan  (wacana) yang ada dimedia  tersebut  melalui situs  jejaring sosial, macam FB dan Twitter,  untuk membangun opini  publik.

 

 

Wikipedia,  Wikileaks, media alternatif, citizen  journalisme, cyberactivisme merupakan bentuk alternatif  untuk menandingi  arus informasi  dan pengetahuan yang mainstream di ruang publik.

Sayangnya di Indonesia, bentuk-bentuk dan perspektif  alternatif  tersebut, masih belum mampu menandingi  yang mainstream, apalagi  membangun opini  publik, karena masih lemah dari sisi   intensitas,  kualitas dan kredibil tas.  Dalam kasus Prita,  peran media mainstream masih kuat  membantu karena kebetulan  tidak berbenturan secara  langsung dengan kepent ingan pemilik media, lain halnya dengan kasus Lapindo, misalnya.

 

Tulisan lengkap “Karena Kita Adalah Warga Negara, Bukan Sekedar Konsumen” dapat diunduh di http://www.satudunia.net/content/e-book-karena-kita-adalah-warga-negara-bukan-sekedar-konsumen

 

---------------------

 

 

Luluk Uliyah

Knowledge Officer SatuDunia

Jl. Tebet Utara II No. 6 Jakarta Selatan

Telp : +62-21-83705520

HP: 0815 9480 246

Email: lulukuliyah@gmail.com, luluk@satudunia.net

 

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar