Rabu, 21 Agustus 2013

[Media_Nusantara] Potensi Kecurangan #PilGubJatim : 30 Juta Surat Suara tanpa Cantumkan Kota

 

Potensi Kecurangan #PilGubJatim : 30 Juta Surat Suara tanpa Cantumkan Kota

Sebanyak 30 juta surat suara untuk Pemilu Kada Jawa Timur dicetak secara tidak lengkap, setelah ditemukan dalam surat suara tidak mencantumkannya nama kota hanya kabupetan dalam surat suara tersebut.

Temuan adanya surat suara tanpa dicetak kota tersebut terungkap setelah KPU Surabaya, Rabu (21/8), melakukan proses pemilahan sebelum dikirim ke panitia pemilihan kecamatank (PPK).
         
"Hampir semua surat suara yang kita terima tanpa mencantumkan nama kota, melainkan hanya Kabuoaten padahal lazimnya surat suara harus ada nama kabupaten," kata anggota KPU Surabaya Eko Wakuyo di Surabaya, Rabu (21/8).
       
Hampir semua surat suara yang dikirim ke KPU di Jawa Timur tidak mencantumkan nama kota, melainkan hanya kabupaten. Jumlahnya sesuai DPT, yakni 30 juta ditambah 2,5% cadangan.
        
Pihak KPU Surabaya tidak mempersoalkan tidak ada nama kota dalam surat suara, namun dikhawatirkan akan memunculkan masalah ketika ada gugatan nanti maka masalah tersebut dipersoalkan.
        
Lazimnya semua surat suara disebutkan nama Kabupetan/kota kemudian di isi oleh petugas di TPS, tapi kali ini hanya menyebutkan nama Kabupetan saja.

Karena itu, KPU Surabaya berinisiatif dengan mencoret nama Kabupatena dan menggantinya dengan nama kota. "Ini kebijakan yang kita ambil sendiri agar tidak menimbulkan masalah," kata Eko.
       
Sementara itu, dihubungi secara terpisah anggota KPU Jatim Divisi Logistik Sayekti mengakui bahwa hanya nama Kabupetan dalam surat suara tersebut.
       
Karena itu, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh KPU di Jatim agar menambahkan dalam kolom tersebut dengan mengganti kota,maedangkan untuk kabupaten tidak diperlukan lagi.
        
"Kita sudah buat surat edaran tidakp perlu  dipersoalkan lagi, nanti tinggal ditulis tangan diganti kota sedangkan kabupaten di coret," kata Sayekti.
        
Sementara, pendistribusian surat suara yang ditargetkan selesai pada selasa 20 Agustus lalu nampaknya bakal molor atau belum tuntas. Pasalnya saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim baru mendistribusikan surat suara ke 32 kabupaten/kota di Jatim.

"Laporan dari petugas di lapangan saat ini baru 32 kabupaten/kota yang menerima surat suara pemilukada Jatim," ujarnya.
          
Dikatakannya daerah yang sudah menerima pendistribusian surat suara yaitu di antarannya Kabupaten Sumenep, Kota Batu, Kabupaten Gresik, Pulau Bawean, Tulungagung, Banyuwangi.

"Pendistribusian surat suara ini pihaknya akan memprioritaskan daerah kepulauan dahulu, sehingga pelaksanaan nanti bisa dilakukan bersama – sama," ujarnya.
          
Sementara itu untuk sisa enam kabupaten/kota yang belum menerima pendistribusian surat suara Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Malang. Maka itu pihaknya berharap pada hari ini semua logistik akan sampai.

"Kami berharap agar distribusi logistik sudah dituntaskan di semua kabupaten. Yang pasti sampai sekarang masih kami pantau terus," tegasnya.

Baca juga :
Kelebihan Surat Suara dlm PilGub Jatim sebanyak 3 Juta Tanggung Jawab Pemprop Jatim http://t.co/W5gEgirAQO

#MelawanLupa Herman S. Sumawiredja (Mantan Kapolda Jatim - CaWaGub Jatim) : Bukan Saat Itu Saja Saya Akan Dicopot http://t.co/LLaByjCSPK

#MelawanLupa Kecurangan Pilkada Jatim 2008 Versi Jurnal3 http://t.co/9M5bFc5JGa

4 keanehan Pilgub Jatim 2013, semua direkayasa? http://t.co/4NS1TQejQ5

Cukong politik Pilgub Jatim 2013 mulai gentayangan, http://t.co/2iKfAK2yWT

Incumbent sampai kalah, Kapolda Jatim bakal dicopot? #PilGubJatim http://t.co/fUVQO5rA42

#MelawanLupa Irjen Herman SS: Saya Kecewa Diintervensi http://t.co/Ltvq2znwsr

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar