Kamis, 16 Februari 2012

[Media_Nusantara] [stosfest] - Siaran Pers Bersama - South to Seouth Film Festival - Semangat Tanpa Batas

 

maaf jika double posting !!!

Siaran Pers Bersama

 

StoS 2012, Semangat Tanpa Batas

 

[Jakarta, 16 Februari 2012] Permasalahan sosial, politik dan lingkungan di negeri ini sepertinya tiada akhir. Konflik agraria yang meminggirkan petani dan nelayan, pengrusakan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan pertambangan, perkebunan skala besar, reklamasi pantai, konversi hutan mangrove, dan pencemaran laut oleh perusahaan perikanan, menjadi pemandangan yang biasa, tanpa penindakan hukum yang tegas di negeri ini. Kini beban mereka bertambah dengan cuaca tak menentu akibat dampak perubahan iklim.

 

Lebih parah lagi, Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim sekaligus negara agraris, justru mengimpor kebutuhan pangannya. Mulai dari garam, ikan, beras, hingga bawang merah.

 

Namun semua itu tak pernah menyurutkan semangat kita untuk terus berkarya dan bersolidaritas menyelamatkan kehidupan ini. Semangat itulah yang melatari StoS Film Festival 2012 dengan mengusung tema "Semangat Tanpa Batas". 

 

Semangat ini yang membuat petani Brebes membuat benih padi tahan air asin, agar mereka dapat beradaptasi terhadap lahannya yang kerap tergenang air laut. Atau semangat masyarakat Molo yang menggali kembali kearifan lokalnya mengelola lahan dan pangan lokal, meninggalkan tambang marmer. Juga semangat nelayan Langkat, Sumatera Utara yang mengusir perkebunan sawit skala besar dan memilih menyelamatkan hutan mangrove.

 

"Berjuta semangat yang bermunculan inilah yang ingin ditularkan StoS Film Festival kali ini. Kami ini berbagi semangat dan menyerukan semua pihak untuk bertindak bersama-sama untuk menyelamatkan lingkungan", ungkap Ferdinan Ismail, Direktur StoS Film Festival 2012.

 

Sawit Watch meyakini StoS bisa menjadi media pendidikan publik perkotaan untuk lebih mengetahui dan merasakan bagaimana penderitaan masyarakat adat di wilayah-wilayah pedalaman Indonesia ketika kekayaan sumber daya alamnya dieksploitasi perusahaan-perusahaan skala besar multinasional.

 

Bagi JATAM, StoS mampu menjawab keraguan banyak pihak dan membuktikan StoS Film Festival bukan sekadar selebrasi, namun telah menjadi satu gerakan yang mampu menghubungkan cerita krisis di wilayah hulu dan hilir dari satu alur ekstraksi sumber tambang sehingga mulai dipahami publik.

 

Sementara Forum Masyarakat Sipil untuk Keadilan Iklim (CSF) berharap, pengetahuan-pengetahuan yang didapat publik melalui Festival Fim ini diharapkan menjadi pendorong untuk memahami masalah lingkungan dari beragam perspektif budaya, sosial, ekonomi dan politik. Ini akan mendorong kepedulian dan solidaritas publik kota untuk menjadi konsumen cerdas dan bertanggung jawab.

Jauh lebih penting dari itu, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menggarisbawahi pentingnya semangat dan kesadaran yang telah terhimpun melalui medium StoS Film Festival menjadi virus yang menular dan mampu mendorong terjadinya perubahan pola kehidupan kita, mulai dari ruang privat hingga ruang publik.

 

StoS Film Festival kali ini akan menayangkan 33 film dokumenter dan fiksi dan Pameran tentang Masyarakat Mollo yang berhasil memperjuangkan kearifan lokalnya dan memilih mempertahankan lingkungan, pangan lokal dan tenunnya, dari kegiatan yang merusak lingkungan.

 

Sebelumnya telah terpilih 30 karya esai "Semangat Tanpa Batas" yang akan dipilih 5 pemenang utama di malam Penutupan Festival. StoS Film Festival kali ini digelar lebih panjang dari festival di tahun-tahun sebelumnya, mulai tanggal 22 – 26 Februari 2012 dan bertempat di Goethe Institut, Kine Forum dan Institut Français d'Indonésie.

 

"Menyelamatkan lingkungan, berarti menyelamatkan bangsa. Semoga kehadiran StoS Film Festival memberi semangat tanpa batas bagi kita semua untuk bangun, bergandengan tangan, menjadi pelaku utama penyelamatan lingkungan", tukas Voni Novita, Dewan Program StoS Film Festival. [ ]

 

Kontak Media : Ferdinan Ismail, 08561074237 (dinand2@gmail.com)

 

---------------------------------------------

South to South Film Festival 2012 diselenggarakan oleh :

Ford Fundation , OXFAM, The Body Shop, DNPI, Growth

Goethe Institut , Institut Francais Indonesia , Kineforum  

JATAM, KIARA, WALHI, Sawit Watch, CSF, ICW, GEKKO Studi, ECOSISTER, Solidaritas Perempuan, Dewan Kesenian Jakarta

 

South to South Film Festival 2012 didukung oleh :

Kehati, DTE, Bina Desa, Kontras, Greenpeace Indonesia, GEF SGP, IESR, MPBI, Bali Focus, FOKER, BIC, ASTEKI, Aikon.org, Serrum, LAWE, KOPHI, POROS, B-Voice, Komunitas Love Our Heritage, Komunitas Weekend Tanpa ke Mall, Masyarakat Komik Indonesia, Jejak Petualang, Jejak Kaki, Komunitas Pendaki, Sobat Padi, Movies Explore Club, Rossa Indonesia

 

Media Patner  South to South Film Festival 2012 :

Jakarta Globe, Student Globe, Delta FM, Green Radio, Majalah MyTrip, Inilah.com, DetikHot.com, Jakartabeat.net, Komunitasfilm.org, Radio Djwirya, Lingkarberita.com,  whatzups.net,  Majalah Forum, Lentera timur.

 

--

South To South Film Festival

Jl. Mampang Prapatan II no.30 Jakarta Selatan

Telp/fax : 021 7941559

Email  : info@stosfest.org

              stosfilmfestival@gmail.com

WEB    :  www.stosfest.org


Twitter : @STOSFestival

Facebook Groups : South to South (StoS) Film Festival

Facebook Fan Page : South to South Film Festival (Official)

 

Kontak Acara :
Adriani Setyawatie  (phio) : 082 1111 99063 (pheeyo_2104@yahoo.com)
Ferdinand Ismail 08561074237 (dinand2@gmail.com)
Voni Novita 081382220134 (vonee@stosfest.org)








--
Priyo Pamungkas Kustiadi
08561903417

Media Communication and Outreach
Jaringan Advokasi Tambang


__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar