Minggu, 02 Maret 2014

[Media_Nusantara] [Epistema_Institute] Kajian Sosio-Legal Dalam Digest Epistema

 

Kajian Sosio-Legal Dalam Digest Epistema

 

Tampilnya kajian sosio-legal (socio-legal studies) telah membawa gairah baru dalam penelitian hukum untuk melihat hukum tidak semata pada teks belaka, melainkan melihat hukum dalam konteks, baik konteks social, sejarah, psikologi dan yang lain.

 

Pada Digest Epistema volume 3 ini mengulas kajian sosio-legal tersebut, mulai dari menempatkan kajian sosio-legal dalam paradigma pemikiran hukum sebagaimana dituliskan oleh Dr. Shidarta, kemudian ada pula tulisan dari alm. Prof. Soetandyo tentang penelitian sosial yang menjadikan hukum sebagai objek penelitiannya. Rikardo Simarmata melalui tulisannya berbagi tentang penelitian doctoral di Leiden University yang dia lakukan bersama-sama dengan tim peneliti dalam proyek penelitian di Delta Mahakam, Kalimantan Timur.

 

Donny Danardono menyampaikan tentang metode, teori dan ideologi dalam studi perempuan interdisipliner terhadap hukum. Pada tulisan tersebut, Donny menekankan pentingnya menetapkan posisi pemikiran peneliti terlebih dahulu sebelum memulai penelitian. Identifikasi terhadap posisi dari peneliti menjadi langkah penting sebelum peneliti merumuskan pokok permasalahan yang akan diteliti.

 

Herlambang Perdana Wiratraman menyampaikan penelitian tesisnya di Mahidol University yang membahas konsep dan proyek Good Governance di Indonesia. Ia menarasikan bagaimana Good Governance sebagai sebuah konsep dan proyek, dipertarungkan oleh berbagai pihak yang punya kepentingan berbeda-beda. Analisis diskursus menjadi sarana penting untuk memproblematisasi sebuah konsep yang seakan netral, tapi dibaliknya berselimut kepentingan-kepentingan dari promotornya.

 

Sedangkan Myrna Safitri berbagi pengalaman tentang penelitian doktoralnya di Leiden University tentang reformasi tenurial kehutanan dan bagaimana menjadikan penelitian sosio-legal bisa berguna bagi kegiatan advokasi masyarakat dan kebijakan yang biasanya dilakukan oleh aktivis-aktivis NGO.

 

Untuk tulisan lengkapnya dapat diunduh di http://epistema.or.id/digest-epistema-vol-32013/

 

 

Luluk Uliyah

Knowledge and Media Manager

Epistema Institute

Jl. Jati Mulya IV No.23, Jakarta 12540

Telp. 021‐78832167, Fax.021‐7823957, HP. 0815 1986 8887

www.epistema.or.id

fb: Epistema Inst | t: @yayasanepistema

"Belajar dan Berbagi untuk Keadilan Eko-Sosial"

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar