Jumat, 20 Januari 2012

[Simpati_Indonesia] Dana Pendidikan Rp. 6,3 Milyar di Kota Semarang bermasalah???

 

http://soeloeh-indonesia.com/2012/01/jurnalhukum-dana-pendidikan-rp-63_17.html
Himbauan untuk para pejabat kota Semarang


Sehubungan dengan pengadaaan Alat peraga pendidikan untuk SD sebesar Rp. 4,5 milyar dan alat laboratorium komputer untuk SD sebesar Rp. 1,8 Milyar, yang dibiayai dari dana APBN yakni dana alokasi khusus/DAK pendidikan, ada indikasi bermasalah.

Indikasi itu terlihat:

bahwa pemenang lelang alat peraga SD adalah CV Pascmi Scientific, Jl Jenderal Sudirman nomor 190 Salatiga adalah perusahaan yang sama dengan pemenang alat peraga & laboratorium komputer untuk SD di kabupaten Lombok Timur NTB. Dimana berdasarkan info yang kami terima,  perusahaan tersebut akhirnya mengalami putus kontrak karena barang yang dikirim kurang jumlahnya dengan apa yang ditetapkan dalam petunjuk teknis dana alokasi khusus/DAK pendidikan, dokumen pelelangan maupun dokumen penawaran. Selain itu juga barang yang dikirim kesekolah spesifikasinya tidak memenuhi spesifikasi sebagaimana ketentuan petunjuk teknis DAK pendidikan, dokumen pelelangan dan dokumen penawaran.

Ada baiknya info ini diteliti kebenarannya dengan melakukan chross-check atau meminta informasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Timur, NUsa Tenggara Barat/NTB

Jika setelah mencari kebenaran tentang informasi tersebut, ada baiknya pejabat berwenang agar meneliti barang yang dikirim ke sekolah2 oleh perusahaan tersebut dan jika ditemukan bahwa jumlah barang, spesifikasi  & kualitas ada yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka sebaiknya meminta perusahaan tersebut untuk menambah jumlah barang agar sesuai ketentuan dan mengganti barang agar spesifikasi & kualitasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan untuk pengadaan laboratorium komputer untuk SD ada kejanggalan dimana antara pemenang yakni CV. Graha Nakula, Jl. Osamaliki 3 Salatiga dan pemenang cadangan yakni CV. Beringin Indah, Jl. Tugurejo RT 02/II Semarang, dokumennya sama dan juga harga penawarannya juga persis sama yakni sebesar Rp. 1.813.500.000,-. Maka muncul pertanyaan, atas dasar apa akhirnya memenangkan CV Graha Nakula sebagai pemenang?

Hal lain yang juga merupakan indikasi yang mencurigakan adalah bahwa pemenang lelang alat peraga SD dan lelang laboratorium komputer, meski itu adalah perusahaan yang berbeda, meskipun berasal dari kota yang sama yakni Salatiga, akan tetapi ada info bahwa kontak personnya adalah sama yakni orang bernama Iwan dengan nomor HP: 085291002972 & 0818756804 untuk itu ada baiknya melakukan penelitian, apakah info tersebut benar adanya.

Meskipun demikian,  karena lelang sudah selesai ada baiknya hal itu tidak dipermasalahkan, yang penting program pembangunan untuk pendidikan bisa berjalan. Yang mungkin harus dilakukan para pejabat yakni Dinas pendidikan, Walikota, DPRD dll adalah memeriksa kembali alat peraga SD & laboratorium komputer untuk SD, karena seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa barang yang ditawarkan dan dikirm kesekolah (oleh perusahaan yang sama) adalah barang yang sama dengan yang dikirim kesekolah di kabupaten Lombok Timur, dimana ada info bahwa saat diperiksa ternyata jumlah dan kualitasnya tidak memenuhi ketentuan yang ada. Dan berdasar info tersebut, sudah diberi waktu untuk menyempurnakan, akan tetapi sampai batas akhir waktu habis, tetap tidak mampu memenuhi apa yang diharapkan, yakni tidak mampu mengirim barang yang jumlah, kualitas & spesifikasinya yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga akhirnya di Kabupaten Lombok Timur perusahaan yang bersangkutan terkena sanksi putus kontrak dll.

Akan tetapi agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan dan agar program pembangunan dapat berjalan dengan sukses, ada baiknya pejabat yang berwenang di Semarang meneliti, dan jika ditemukan hal yang sama, yakni kualitas & kualitas barang yang dikirim tidak memenuhi aturan ayng berlaku, ada baiknya perusahaan yang bersangkutan dihimbau agar memenuhi kewajibannya.Dan kalau sudah memenuhi kewajibannya, masalah tidak dipersoalkan lagi. Ini demi kemajuan pendidikan di kota Semarang dan program2 pendidikan tidak terhambat.

Salam
KOMPOR JARIT
Kelompok Kerja Orang Kita

Aji Wiguno

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar