Senin, 26 Oktober 2015

[Media_Nusantara] Luar Biasa! Anggota DPRD Riau Studi Pendidikan Hingga ke Belanda dan Turki

 

Luar Biasa! Anggota DPRD Riau Studi Pendidikan Hingga ke Belanda dan Turki

Luar Biasa! Anggota DPRD Riau Studi Pendidikan Hingga ke Belanda dan Turki

PEKANBARU, GORIAU.COM - Anggota Komisi E DPRD Riau Muhammad Adil mengakui rencana keberangkatan anggota dewan negara. Perjalanan dengan alasan mumpung telah dianggarkan oleh dewan periode sebelumnya itu, merupakan agenda lintas komisi. Berdasarkan informasi didapat, besar anggaran APBD Riau untuk kegiatan wakil rakyat melawat ke sejumlah negara ini, nilainya mencapai Rp6 miliar.

"Izin berangkat ke luar negeri sudah diurus, berangkatnya per komisi. Izinnya dari Kemendagri. Saya heran rekan-rekan lain terkesan menutup informasi tentang kunjungan kerja ke luar negeri. Untuk apa ditutup-tutupi, ini kerja anggota dewan untuk masyarakat," kata Muhammad Adil, Selasa (8/9/2015).

Untuk Komisi E sendiri dijadwalkan akan ke Belanda dan Turki, walaupun jadwal pastinya belum ada karena masih menunggu bersamaan dengan pejabat negara yang akan melkukan kunjungan ke negara yang sama.

"Komisi E kan rencananya ke Belanda untuk melihat pariwisata dan pendidikan, kalau tidak salah saya ke Turki sesuai bidang komisi, yang jelas setelah perjalanan itu harus bisa menunjukan manfaatnya apa yang bisa diambil untuk daerah Riau," tuturnya.

Politisi Hanura ini menyebutkan, rencana pihaknya ke luar negeri diharapkan tidak menimbulkan tanggapan miring di tengah masyarakat karena dalam rangka menjalankan tugas sebagai anggota dewan. Anggaran keberangkatan juga sudah dimasukkan dalam APBD oleh dewan periode sebelumnya.

"Kalau pelesiran tidak ada, tapi perjalanan dinas ke luar negeri, iya. Ini kan dalam rangka perjalanan dinas, dan yang pergi itu kan tidak semua anggota. Ya, kalau mesti ke luar negeri untuk menjalankan tugas, tak masalah saya rasa," ungkapnya.

Anggota Komisi A DPRD Riau Taufik Arahman juga mengaku mendengar rencana tersebut, namun belum secara resmi disampaikan oleh pimpinan dewan ke komisi-komisi.

"Kalau programnya memang ada, saya mau juga, tapi saya belum mendapat pemberitahuan resmi. Tidak tahu kalau infonya ke pribadi-pribadi anggota, kalau anggarannya memang ada," tuturnya.

Berbeda sikap dengan kedua anggota dewan lain, Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanis justru terkesan menutup rapat agenda jalan-jalan anggota dewan ini. Ketua DPD Gerindra Riau ini mengaku belum tahu mengenai rencana keberangkatan tersebut.

"Kita tidak usah berandai-andailah. Kalau sudah ada surat resmi atau tidak baru komentar," sebutnya.

Marwan memang mengatakan kegiatan ke luar negeri itu sudah masuk dalam kegiatan APBD Riau 2015. Tinggal lagi, apakah dipergunakan atau tidak tentu disesuaikan dengan program kerja komisi masing-masing. "Kalau Mendagri sudah mengizinkan, itu sah-sah saja. Berarti tidak ada yang dilanggar," tambahnya.

Namun apapun alibi yang disampaikan anggota DPRD Riau untuk menggunakan anggaran ke luar negeri. Namun rencana tersebut terkesan sangat melukai hati masyarakat Riau yang saat ini tengah di kepung kabut asap. Lalu, di mana hati nurani wakil rakyat tersebut.


__._,_.___

Posted by: Indra Prihantaka <indrapuyi@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar