Jumat, 13 Agustus 2021

Confirm Running - Online Training : 1.Improving Business Writing Skills; 2.Effective Report Writing; 3.Finance for non Finance



Value Consult Online Training

Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter

1 Day Online Training

Online Training : Improving Business Writing Skills


By Zoom, Jakarta, 16 Aug 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. 1.500.000,-

Menulis untuk keperluan bisnis (Business Writing) memang tidak mudah. Banyak perusahaan/organisasi berhasil mengukir kinerja yang bagus, namun gagal dalam menuliskannya untuk keperluan bisnis. Banyak perusahaan memiliki produk yang kompetitif tapi gagal mengkomunikasikan kepada publik. Terampil "Menulis untuk Bisnis" kini menjadi sangat penting. Entah untuk Annual Report, Proposal Penawaran, Business Case, Surat Kerjasama, Memo, Brosur, atau yang lainnya.

Ingat, Menulis untuk keperluan Bisnis (Business Writing) selalu dinamis. Berkembang dari tahun ke tahun agar informasi dan komunikasi yang disampaikan bersifat efektif, dapat mempengaruhi pembacanya/mitra bisnis/nasabah. Untuk itu, setiap karyawan yang memiliki kaitan langsung dalam "Menulis untuk keperluan Bisnis" HARUS memiliki keterampilan yang memadai dalam menulis, menuangkan ide/gagasan melalui bahasa yang lugas, jelas, dan tetap. Sungguh, keterampilan Menulis untuk Bisnis perlu ditingkatkan. Perusahaan/Organisasi harus mendorong karyawannya memiliki kompetensi komunikasi tertulis yang memadai. Untuk apa? 1) Untuk memperbaiki citra/image perusahaan, 2) untuk meningkatkan  profesionalisme kerja, dan yang terpenting 3) untuk memacu transaksi bisnis yang lebih besar lagi. Hari ini dan di era mendatang, kita membutuhkan dokumen/portofolio bisnis tertulis yang mampu menjadi "jembatan" terbentuknya trust dan transaksi bisnis perusahaan kita.

Kata kuncinya adalah IMPROVING BUSINESS WRITING SKILLS. Kurang memadainya keterampilan Menulis untuk Bisnis telah menjadikan "pesan perusahaan" disalah-artikan atau salah interpretasi. Keterampilan Menulis untuk Bisnis (Business Writing) merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Caranya bagaimana? Keterampilan Business Writing dapat dioptimalkan melalui metode dan latihan yang tepat guna, sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Untuk itu, bergabunglah dalam WORKSHOP "Improving Business Writing Skilss". Workshop ini memberikan tips praktis untuk meningkatkan keterampilan Menulis untuk Bisnis.

Jadwal Pelatihan

  • 09:00            Why Business Wring Skills ?
  • 10:30            Coffee Break
  • 10:45            Cakupan Business Writing Skills
  • 11:30            Menulis Annual Report (Tips & Praktik)
  • 12:00            Makan Siang
  • 13:00            Menulis Proposal/Business Case (Tips & Praktik)
  • 14.00            Menulis Surat/Memo (Tips & Praktik)
  • 15:00            Menulis Brosur/Collaterals
      • Presentasi Business Writing Skills

Facilitator 

Drs. Syarifudin Yunus

Adalah praktisi dan akademisi bidang Corporate Communications/Public Relations (Kehumasan) dengan pengalaman lebih dari 14 tahun. Beliau aktif sebagai praktisi PR di salah satu perusahaan multinasional terkemuka di Jakarta, disamping aktif sebagai pengajar kehumasan/jurnalistik di Perguruan Tinggi dan konsultan bisnis di Jakarta. Penulis 8 buku dan penulis lepas di beberapa media massa Jakarta, termasuk Bisnis Indonesia. Beliau pernah menjadi wartawan Majalah Forum Keadilan, Mobil Indonesia dan ProGolf serta menjadi Pengajar Program Keterampilan Komunikasi Sekretariat Negara RI. Program Keterampilan Komunikasi adalah spesialisasinya, yang mencakup keterampilan Menulis, Berbicara, Kesekretarisan, Korespondensi, Editing dan lainnya. Beliau juga tercatat sebagai redaktur pelaksana beberapa media inhouse hingga saat ini dan menyelesaikan program Magister di Pasca Sarjana UKI Jakarta.

Training Fee

  • Rp. 1.500.000 ,- (Early Bird, REG before 2 Aug 2021 payment before 6 Aug 2021)
  • Rp. 1.750.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>

2 Day Online Training

Online Training : Effective Report Writing


By Zoom, Jakarta, 19-20 Aug 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. ,-

Seorang pekerja profesional selayaknya memiliki keterampilan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki adalah report writing skills.

Laporan yang baik harus bisa dipahami dengan mudah. Keterampilan menulis mempunyai andil yang penting dalam membuat laporan yang sistematis dan efektif.

Pelatihan ini mengajak peserta untuk memahami teknik penulisan laporan yang efektif. Peserta akan dilatih untuk menyiapkan laporan bisnis terkait kegiatan kerja di perusahaannya.

*Semua peserta wajib membawa laptop agar bisa langsung berlatih.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti Training Effective Report Writing, peserta diharapkan :

  • Memiliki pemahaman tentang pengertian dari "Effective Laporan" serta jenis-jenis Laporan  menurut Latar Belakang & Sasarannya
  • Memiliki pemahaman tentang syarat data & fakta yang digunakan dalam sebuah Laporan, serta keterampilan tentang tehnik pengumpulan, pengolahan, serta analisa data, yang digunakan sebagai dasar dalam membuat kesimpulan dan rekomendasi jalan keluar masalah (jika ada gap antara "Target & Actual"). 
  • Memiliki keterampilan tentang cara menyusun format atau  lay out  Laporan,  dengan bahasa dan ungkapan yang baik dan benar (baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggeris),  yang menarik, mudah dibaca dan dipahami, baik dalam bentuk Reading Material (berupa proposal yang dikirim kepada atasan untuk dibaca), maupun dalam bentuk Presentation Material (yang dipresentasikan di depan atasan), guna memeroleh persetujuan.

Metode Pelatihan

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Praktik
  • Studi kasus

Persyaratan Peserta

Peserta di WAJIBKAN membawa LAPTOP

Outline Materi

Materi Training Effective Report Writing yang akan dibahas adalah

Day 1

09:00 – 12:00

  • Komunikasi Non Verbal dan proses komunikasi efektif
  • Prosedur dan Aliran Komunikasi terkait laporan bisnis
  • Memahami khalayak pembaca dan fokus masalah

13:00 – 15:00

  • Menetapkan fokus tulisan dan teknik pengemasan pesan
  • Kemampuan dasar menulis, pengembangan ide dan proses editing tulisan
  • Konseptual Effective Laporan

-Hakekat Laporan

-Substansi

-Jenis dan Format laporan

-Aspek-aspek sebuah laporan

Day 2

09:00- 12:00

  • Memahami Fakta, Data, Informasi dan Opini
  • Cara memperoleh Data (Fact Finding) dan penyaringan data
  • Memilih tipe laporan yang sesuai
  • Teknik penyajian laporan (pemilihan kata, grafik, font, warna, dll)

13:00 – 15:00

  • Memahami syarat Data sebagai dasar  membuat kesimpulan dan penulisannya
  • Proses membuat Rekomendasi kepada atasan sebagai proposal solusi masalah
  • Mencari penyebab (gap) dan menemukan jalan keluar
  • Presentasi laporan 

Testimoni

"Cukup baik"
"Sudah cukup baik penyampaiannya, sesuai kebutuhan kami"

Facilitator

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom, memiliki pengalaman lebih dari Delapan tahun dalam bidang Komunikasi Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR. Sebelumnya aktif sebagai praktisi CSR di PT Newmont Nusa Tenggara (2009), Bank Muamalat (2012), dan Sinarmas Pulp & Paper (2014). Selain itu, ia aktif sebagai staf ahli di PT Cinggarindo Galba (Konsultan Komunikasi dan CSR) dan Dosen di program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina. Publikasi buku yang pernah ia tulis antara lain; Driver for Integrated Marketing Communication/IMC (2012), CSR Communication for PR Practitioners (2013), Cyber CSR (2014) dan Periklanan Korporat (2015).

Training Fee

  • Rp. 3.000.000 ,- (Early Bird, REG before 5 Aug 2021 payment before 9 Aug 2021)
  • Rp. 3.500.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>

1 Day Online Training

Online Training : Effective Finance for non Finance


By Zoom, Jakarta, 20 Aug 2021
Time : 09:00 - 15:00
Early Bird : Rp. 1.500.000,-

Materi Pelatihan

Latar Belakang

Manajemen Keuangan (Financial Management) adalah satu pengetahuan (knowledge) yang sangat penting dalam kegiatan di perusahaan. Oleh karena itu setiap orang yang kegiatannya memiliki hubungan erat dengan proses keuangan perusahaan perlu memiliki pemahaman tentang manajemen keuangan. Para pebisnis non keuangan - sering mengalami kesulitan dalam memahami istilah-istilah teknis keuangan. Padahal, darahnya perusahaan adalah keuangan. Karenanya workshop ini bertujuan agar peserta mampu memanfaatkan informasi keuangan untuk keputusan manajerial, serta memiliki kesatuan bahasa dalam konteks keuangan sebagai bahasa perusahaan.

Outline

  1. MANAJEMEN  KEUANGAN (FINANCIAL MANAGEMENT)
    • Ruang lingkup Manajemen Keuangan
    • Tugas dan Fungsi Manager Keuangan.
    • Arus Keuangan sebagai urat nadi perusahaan
    • Karakteristik Pendapatan & Biaya, Penerimaan & Pengeluaran, Investasi & Biaya Operasional
  2. MEMAHAMI LAPORAN  KEUANGAN:
    • Laporan Keuangan sebagai end.
    • Laporan Laba Rugi ,  
    • Posisi Keuangan  ,
    • Arus Kas ,  
    • Perubahan Ekuita.
  3. Penilaian Kinerja Keuangan (Evaluating Financial Performance)
    • Provitability Ratio.
    • Liquidity Ratio.
    • Leverage Ratio.
  4. MENGANALISA BIAYA (COST ANALYSIS):
    • Fixed VS Variable Cost,
    • Break Event Point (BEP) Analysis,
    • Contribution Margin Analysis,
    • Traditional Cost Accounting,
    • Activity Based Costing.
    • Studi kasus: UNTR – BCA –Bank BNI - Astra dan lainnya 

Target Peserta

  • Para Leader, Manager, dan Supervisor yang ingin meningkatkan produktifitas kerja
  • Para Leader, Manager, dan Supervisor yang ingin bekerja dengan system bisnis yang baik dan mengarah ke AutoPilot  Management System
  • Siapa saja yang ingin mengembangkan diri dengan belajar topic yang aplikatif dan cepat

Testimonial Peserta Yang Pernah Ikut

  • To the point dan tidak bertele-tele. Langsung dapat intisarinya…
  • Penyampainya  tidak membosankan. Saya yang biasanya suka tidur, kali ini tetap semangat sampai jam terakhir
  • Banyak contoh dan simulasi sehingga mudah diaplikasikan di tempat kerja
  • Sering ada diskusi kelompok, sehingga saya dapat langsung pakai dan juga dapat teman baru.
  • Trainernya berwawasan luas dan berpengalaman. Saya bisa Tanya banyak hal.
  • Lebih Value for Money. Dapat lebih banyak dengan harga lebih terjangkau
  • Wow…puas. Banyak hal baru yang saya dapat.

Facilitator

Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 25 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map)  – People Development  – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju  perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI  berbasis balanced Scorecard. 

Training Fee

  • Rp. 1.500.000 ,- (Early Bird, REG before 6 Aug 2021 payment before 10 Aug 2021)
  • Rp. 1.750.000,- (Full fare)

Lebih lanjut klik di sini >>



Contact Us

Ms. Ori & Ms. Riri

Training Series

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series

 

 

More Training in 2021

©Copyright 2021 Value Consult, Training & People Development Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar